3 ALASAN UTAMA KENAPA MUSLIMAH HARUS BISA MENGENDARAI MOTOR

Kamu muslimah? Udah menggenap apa belum ( :-D ) ? Masih kuliah? Tinggalnya sama orang tua, keluarga atau nge-kos?. Yeay apapun dan dimanapun tinggal pasti tiap-tiap kita punya alasan kuat dengan pilihan kita itu. Lupakan masalah siapapun kamu, apa aktivitasmu dan tempat tinggalmu  karena ulasan kali ini bukan membahas tempat tinggal meski tetap ada sedikit hubungannya. Kali ini akan ku ulas beberapa alasan utama kenapa seorang muslimah dianjurkan (bagiku malah diwajibkan) harus bisa berkendara sendirian terkhusus mengendarai motor, lebih khusus untuk yang tinggal di perantauan dan jauh dari keluarga. Iya, mengendarai motor. Motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling umum dan paling banyak digunakan terutama transportasi pribadi. Tapi ini berlaku umum yah, mobil juga bisa jadi termasuk. Tak berlama-lama. Check this out.

Nikmati Perjalanan Jangan Lupa Perbanyak Syukur & Doa (Palu-Tolitoli)
3. Bisa membantu orang lain
Tinggal di sebuah asrama kampus bersama beberapa orang teman memberi kesan dan cerita yang berkesan dan menarik. Pernah suatu ketika di musim libur akhir semester. Ketika itu yang tersisa di asrama hanya 3 orang, termasuk aku. Tetiba salah seorang jatuh sakit dan harus dilarikan ke rumah sakit. Kami hanya bertiga, parahnya yang bisa dan mahir mengendarai motor hanya temanku yang jatuh sakit itu, kami butuh pertolongan dan sudah mencari pertolongan di beberapa tempat tapi kala itu benar-benar tak ada yang bisa membantu karena lokasi asrama yang cukup jauh dari perumahan padat masyarakat.. Akhirnya ku beranikan diri untuk mengendarai motor milik temanku itu. Tak ada pilihan lain meski temanku yang satu tahu bahwa aku baru belajar mengendarai motor seminggu yang lalu. Yah keadaan darurat. Semuanya bermodalkan Basmalah. Alhamdulillah kami sampai tempat tujuan dan temanku terselamatkan. Sebenarnya banyak cerita lain tapi itu adalah cerita yang menurutku paling berkesan. Semenjak kejadian itu aku semakin giat berlatih dan memberanikan diri agar bisa mengendarai motor. Iya, agar kita dengan mudah bbisa membantu orang lain saat-saat darurat  tentunya.

Nah, sahabat mungkin punya pengalaman dan cerita serupa olehnya tunggu apalagi mari kita masukkan dalam daftar agenda kita untuk belajar hingga bisa mengendarai motor. Mari menebarkan kebaikan !.

2. Mandiri, Aktif & Produktif
Mandiri adalah sesuatu hal yang sudah pasti apabila kita bisa mengendarai  motor karena kita tidak perlu merepotkan orang lain jika akan bepergian. Selain itu kita juga akan lebih aktif serta produktif. Kita bisa bepergian ke tempat sesuai kehendak kita. Yah. Aku pernah dan cukup sering mendengarkan alasan dari beberapa muslimah bahwa enggan atau tak bisa mengikuti suatu kegiatan karena alasan terhalang transportasi alias kendaraan. Misalnya "ndak bisa kesana karena ndak ada kendaraan...", "disini ada motor, tapi ga bisa mengendarai motor..", "ga ada yang antar", dan masih banyak lagi. Sesungguhya ini bukan masalah besar, hanya saja kita butuh usaha ekstra. Khusus buat kamu yang belum punya kendaraan tak perlu merasa rugi jika belajar mengendarai motor. Kamu punya teman-teman yang sewaktu-waktu bisa kamu pinjam kendaraannya jika dalam keadaan genting, yang terpenting mereka butuhkan adalah kamu bisa. Sahabat, aku pernah kok ada di posisi itu. Beberapa waktu yang lalu, aku punya sahabat-sahabat baik yang selalu membantuku termasuk mengantarkanku kemanapun. Namun, pernah suatu ketika temanku itu sedang sibuk dan tak bisa diganggu. Ia menyuruhku untuk mengendarai motornya sendiri. Aku tak bisa memaksa, hingga mencoba mencari bantuan orang lain yang tentunya memakan waktu yang lebih lama. Tapi jangan salah, apa kalian tahu aku mengalami hal itu bukan sekali dua kali loh ? Iya, tapi berkali-kali. Akhirnya malu juga. Sejak kejadian itu aku semakin termotivasi saja agar semakin lancar mengendarai motor biar bisa belajar lebih mandiri dan mengurangi frekuensi dalam merepotkan orang lain. Percaya atau tidak bisa mengendarai motor akan membuat kita Mandiri, Aktif & Produktif. Tak percaya? Silahkan buktikan sendiri.

1. Menjaga Diri & Membantu Proses "Hijrah"
Menurutku ini adalah hal utama yang nomor satu yang harus menjadi pertimbangan ketika masih ada muslimah yang masih ogah-ogahan untuk belajar mengendarai motor. Paling tidak alasan diri sendirilah yang kita jadikan alasan utama saat kita belum mampu menjadikan orang lain dan sikap mandiri menjadi alasan sebab yang berarti. Tak sedikit dari muslimah yang rela diantar dan berboncengan dengan mereka yang bukan mahrom karena berbagai alasan, diantaranya tak bisa mengendarai motor dan tak ada kendaraan lain. Alasan darurat katanya. Sejatinya yang harus kita lakukan adalah mengusahakan yang lain lebih dahulu. Jika jalan kaki akan lebuh baik maka berjalanlah. Sahabat, islam itu memudahkan kita bukan malah menyulitkan kita. Nah, jika kita sudah berupaya pada akhirnya tak mengapa. Serahkan semuanya pada Allah. Tapi tetap harus dipertimbangkan yah. Pastikan kita mengambil jalan yang mudharatnya lebih kecil. Semua bergantung pada kita. Jadilah muslimah bijak yang senantiasa menjada Iffah & Izzah-nya. Wallahualam.

Sahabat, bisa mengendarai motor akan membantu  menjaga diri kita dan membantu kita untuk  istiqamah terutama dalam proses "hijrah" kita menuju hal yang labih baik. Jangan mau dibonceng oleh sembarang orang. Apalagi  mereka yang bukan mahram. Jadilah muslimah tangguh! Pun jika memang perlu silahkan untuk mencari dia yang bersedia untuk mengantar, membonceng dan  mendampingimu kemanapun kamu pergi (baca : nikah), biar bisa lebih aman dan nyaman. Hehe.

Nah, itulah sedikit ulasanku. Oiya buat kamu yang punya alasan tidak mau belajar untuk mengendarai motor karena tidak mendapat izin dari orang tua (orang tua khawatir akan keamanan berkendara ataupun karena trauma)  tetap usaha dan yakinkan orang tuanya yah, bila perlu mungkin sampaikan juga ulasan ini ke orang tuanya. InsyaAllah jika niat kita baik semoga akan dimudahkan. Tetaplah berbuat dan menebar kebaikan hingga akhirnya akan melahirkan berbagai kebaikan lainnya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Jika ada hal-hal yang keliru mohon di koreksi yah sahabat :)

Salam tangguh !



0 comments

It's nice to see you !