KURSUSAN ATAU TUTOR, PENTINGAN MANA ?


Ketika memilih tempat kursus, sebenarnya pentingan mana sih? Kursusannya atau Tutornya? Menurut pandangan saya lembaga yang sudah cukup terkenal memang layak dan perlu dipertimbangkan. Karena lembaga tersebut  digadang-gadang pasti memiliki tutor-tutor yang sudah berpengalaman. Tapi, harus kita pahami bahwa belum semua tutor di suatu lembaga adalah expert, sekalipun lembaga itu termasuk lembaga yang "populer".  Di setiap lembaga tertentu hanya ada beberapa tutor yang benar-benar expert. Tentu saja, seringkali, hal itulah yang biasa dijadikan maskot dalam marketing. Sehingga tidak perlu heran jika kemudian banyak orang-orang yang berlomba mendaftar di kursusan tersebut.

Pada realisasinya nanti, tidak semua kelas akan diajar oleh Sang tutor. Tutor tersebut hanya akan mengajar di beberapa kelas, dan kebanyakan akan digantikan dengan tutor lain yang belum tentu metode transfer ilmunya akan mudah kita pahami. Untung-untungan jika tutor yang menggantiikan menggunakan metode yang juga menarik, maka disitulah kita terselamatkan. Wkwkwk.. Namun, bagamana jika tidak ? Maka kebanyakan dari kita akan merasa dirugiikan, karena adalah hal pasti ketertarikan awal kita adalah karena kualitas tutor.

Iya, saya serius. Hampir 2 tahun saya di Pare,  Kampung Inggris ini. Saya berani bilang seperti ini karena diskusi-diskusi yang pernah saya lakukan dengan beberapa orang kawan senior dari berbagai kursusan di kampung Inggris. 

Jadi, sebaiknya ketika ingin memilih lembaga hal yang harus diperhatikan selain karena lembaganya sudah terpercaya adalah memastikan siapa yang akan menjadi tutor di kelas kita nantinya. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Selain itu, kita harus pastikan bahwa program yang kita masuki sudah benar.  Jangan sampai mengambil program yang salah, misalnya ingin belajar IELTS tapi ngambilnya kelas TOEFL. Pastikan kita mengambil program yang benar di kursusan yang tepat dengan tutor yang ahli.

Walaupun seperti itu, tetap saja, diajar oleh tutor terbaik belum tentu menjadi jaminan bahwa kamu akan menjadi "bisa" dengan cara yang instan. Tetap saja, kamu harus mempersiapkan diri untuk belajar dan bersiap untuk menghadapi tantangan-tantangan saat belajar. Tetaplah ingat bahwa yang membuat dirimu sukses bukanlah tutor tapi diri kamu sendiri.

0 comments

It's nice to see you !