Cara Membuat Nomor Halaman (Angka Romawi Dan Angka Biasa) menggunakan MS Word 2013

Hampir semua kalangan terutama mahasiswa, siswa, dosen, pejabat, pebisnis dan lain-lainnya seringkali  diharuskan dan dihadapkan dalam pembuatan laporan, makalah, proposal, skripsi, karya tulis dan jenis-jenis tulisan lainnya menggunakan Microsoft Word. Seiring perkembangan zaman, teknologipun semakin maju dan saat ini microsoft word juga terus mengalami peningkatan. Tak bisa dipungkiri kita dituntut untuk terus bisa mengoperasikan software tersebut. Nah, tentunya kita tahu bahwa untuk bisa lancar mengoperasikannya maka kita harus banyak belajar. Nah, saya akan berbagi cara untuk membuat nomor halaman dengan format yang berbeda dalam satu document karena seringkali kita kesulitan saat membuat makalah misalnya. Banyak orang yang lebih memilih untuk membuatnya menjadi 2 atau 3 document nanti setelah dicetak barulah kemudian digabungkan. Hal ini kurang efektif jika kita dituntut untuk mengumpulkan document dalam bentuk 1 soft file.  Tidak sedikit juga orang-orang yang membuat nomor halaman secara manual. Yah, dibuat satu per satu. Bayangkan saja, jika ada 100 lembar yang harus diberi nomor maka waktu kita akan banyak terbuang untuk hal tersebut. 

Berikut adalah langkah-langkah membuat nomor halaman (Angka Romawi dan Angka Biasa) menggunakan MS Word 2013  :

1.  Pilih Document yang akan diberi nomor halaman > pilih "Insert"


2.  Pilih sub menu Page Number > Tentukan posisi dimana kamu akan meletakkan nomor halaman (Top ; bagian atas, Bottom ; bagian bawah).


 3.  Tentukan posisi nomor halaman yang diinginkan.


4.   Nomor halaman akan muncul seperti gambar dibawah, nomor halaman yang muncul secara otomatis adalah "angka arab" atau "angka biasa". 



5. Biasanya dalam pembuatan makalah atau laporan ataupun proposal, dibagian awal halaman menggunakan penomoran angka romawi. Maka ubahlah angka arab tadi menjadi angka romawi. 


6. Nomor halaman menjadi angka romawi. Disini semua nomor halaman berupa angka romawi.

7. Untuk mengubahnya silahkan letakkan kursor di baris paling bawah, pada halaman terakhir document yang ingin diberi nomor angka romawi.

8. Pilih "Breaks" > "Next Page"


9. Letakkan kursor di halaman yang akan diberi nomor halaman berupa angka biasa. Ubahlah  kembali Nomor Halaman menjadi angka biasa.



10. Tentukan penomoran halaman mau dimulai dari nomor berapa.


11. Penomoran Selesai.


      Nah, kurang lebih sepert itu cara-caranya. Semoga teman-teman sukses mencobanya sendiri dan tidak ada lagi yang bingung mengenai cara menggabungkan nomor halaman dalam satu document. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi semua yang membacanya.

SALAM PENDEKAR !

2 comments

It's nice to see you !