ORANG-ORANG TERDEKAT : Caca Ummahnya Yusuf

Perjalanan hidup kita tak pernah benar-benar seorang diri. Selalu ada langkah orang-orang yang lalu lalang di sekitar kita. Entahkah kita diberi kesempatan untuk saling mengenal hingga dalam atau hanya saling melempar senyum atau bahkan berlalu secepat kilat dengan perasaan masih berjalan sendirian. kita tak pernah benar-benar sendirian. Karena Allah tahu kita tak bisa hidup sendirian maka selalu saja ada orang-orang baik yang sengaja dikirim oleh Allah untuk membuat hidup kita semakin terasa hidup.

Adalah dia seorang gadis manis nan sholehah yang aku dipertemukan dan mengenalnya sejak 3 tahun lalu, tahun 2014 tepatnya. Dipertemukan dalam sebuah lembaga dakwah kampus (red : LDK UPIM) pun dalam departemen yang sama, bukan dan tak lain adalah departemen Pengembangan Tilawatil Quran dan Seni Islam (PTQ dan SI) membuat kami terbiasa menghabiskan waktu dan bersama hingga akhirnya menjadi sedekat ini.

Lantas, segampang itukah prosesnya hingga kami bisa sedekat hari ini? Tidak ! Perbedaan karakter yang cukup bertolak belakang terkadang menimbulkan banyak kesalahpahaman diantara kami, bukan hanya sekali, dua, tiga atau empat namun hingga berkali-kali. Hingga akhirnya aku benar-benar paham dan mengerti bahwa inilah proses untuk membuat kita lolos pada ujian "saling memahami"

Dia tipe orang yang perhatian sedangkan aku ? Aku adalah orang yang tipenya cuek dan pendiam serta paling sulit diajak "romantis". Karena sifatku yang seperti itulah yang membuat kami selalu berselisih paham. Bahkan dia tak segan merajuk padaku. Tapi, aku percaya bahwa itu adalah bentuk sayang dan khawatir padaku, aku dan dia hanya butuh waktu untuk saling menyendiri untuk meredam amarah dan memastikan bahwa amarah itu palsu, amarah yang hanya datang untuk mempertegas bahwa kita benar saling menyayangi.

Kami dekat, apakah kami dari fakultas yang sama? Apakah aktivitas keseharian kami sama? Tidak. Kami dari fakultas yang berbeda, dia adalah mahasiswa yang bergelut di bidang bahasa, seni dan sastra Indonesia sedangkan aku adalah mahasiswa exact yang menghabiskan sebagian besar waktu di laboratorium selama kuliah,  pun aktivitas keseharian kami jarang ada yang sama, hanya ada beberapa kali kami sempat dipertemukan di kegiatan yang sama selain LDK UPIM.

Aku juga punya sahabat-sahabat lain di luar sana. Aku tahu dia pun sama, ada sahabatnya yang lain di luar sana. Ada sahabat yang selalu ada buatnya. Adalah hal yang ku rindukan ketika ada cemburu diantara kami. Aku merindu pada cemburu karena disaat cemburulah aku baru bisa menjadi seorang yang sedikit "romantis". Aah, aku tahu betul adalah perasaan cemburu yang juga menjadi penyebab cekcok diantara kami. Cemburu ? Iya kami saling mencemburu pada sahabat kami  masing-masing. Aku tahu yang paling ekspresif adalah dia. Kelihatannya aku memang santai saja, karena aku punya cara  sendiri untuk tegaskan bahwa aku cemburu.

Percayalah tali persahabatan ini tak akan putus. Kita berhak dan boleh cemburu. Tapi, kita harus ingat bahwa setiap orang diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya yang seiring berdampingan. Setiap orang tidak akan sama dengan orang yang lain. Setiap orang itu unik dan unik itu istimewa. Tak usah khawatir sahabat-sahabatku adalah kamu, kalian dan mereka yang istimewa dan setiap yang istimewa itu mendapat tempat istimewa di dalam hati ini.

Adalah dia, adalah seorang gadis berkaca mata, yang kata orang kami kembar bahkan sampai Ibu dan Bapaknya pun sempat mengira kalau saya adalah dia, adalah dia yang aku tak hanya menjadi sahabatnya pun sahabat bagi keluarganya, adalah dia sang Hafidzah yang sudah resmi menggenap menyempurnakan sebagian agama, adalah dia yang manja, adalah dia yang cerewet, adalah dia yang istimewa, adalah dia adalah dia yang memanggilku Eonni, adalah dia yang biasa ku panggil Caca. Iya, dia adalah Fakhrunnisa Al-Ayubi. Syukron katsiran. Tetaplah menjadi sahabatku yang biasa kita sebut "Sahabat Until Jannah" dan selalu menggunakan hastag #rabithah.

Catatan Ramadhan (Palu, 20.39 pm WITA, 28/05/17. 02 Ramadhan 1438 H)






0 comments

It's nice to see you !