BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK DUNIA JUGA AKHIRAT



Niat adalah hal yang penting untuk ditetapkan dalam melakukan berbagai tindakan. Sebagai muslim tentunya kita menginginkan setiap hal yang kita lakukan tidak hanya bernilai duniawi tapi juga akhirat. Kita memegang harapan besar setiap aktivitas kita bisa jadi pemberat amal di akhirat nanti. Oleh karena itu, menyertakanlah Allah dalam setiap aktifitas adalah suatu kewajiban. 

Terus memperbaiki niat adalah hal yang terus saya lakukan hingga hari ini. Mencoba meluruskan niat bahwa keberadaan saya disini bukan hanya untuk mengejar ilmu dunia saja tapi juga ilmu akhirat. Bukan hanya karena saya Ingin lanjut studi atau sekedar traveling ke Luar Negeri yang gak mungkin ke sana kalau gak bisa bahasa Inggris. Tapi, selalu mencoba menyertakan alasan karena Allah atas semua yang saya lakukan.

Saya ingat benar sebuah nasehat dari salah satu kakak tingkat saya yang ditanyai dengan pertanyaan berikut ini :

".....Untuk apa kamu belajar bahasa Inggris? Ngapain repot-repot, toh di akhirat juga kamu gak akan dihisab pake bahasa Inggris..?"

Dia menjawab cukup singkat namun mengena :

"Jawabannya sederhana. Jikalau nantinya saya masuk surga, maka  saya tidak ingin masuk surga sendirian, pun jikalau sebaliknya, saya tidak ingin orang lain mengikut saya berjalan ke arah yang salah. Paling tidak dengan sedikit Ilmu bahasa Inggris yang saya miliki saya berharap bisa menyampaikan pesan dakwah kepada mereka yang hanya bisa berbahasa Inggris. Terlalu egois jika kita hanya mementingkan diri sendiri tanpa melakukan suatu apapun.."

Saya percaya jika niat kita benar maka Allah akan memilihkan kita tempat yang benar. Termasuk kursusan CLIent tempat saya belajar bahasa Inggris saat ini. Sepertinya ini adalah tempat terbaik yang Allah pilihkan untuk saya. Saya banyak merasakan hal yang sangat berbeda. Meskipun orientasinya adalah bahasa Inggris namun segala aktivitas di dalamnya tidak lantas melalaikan orang-orang di dalamnya dari tugas sebagai pengemban dakwah.Hal-hal yang terlihat sederhana namun menyimpan efek yang luar biasa yaitu waktu belajar yang diatur apik agar tidak mengganggu proses ibadah seperti sholat 5 waktu, posisi duduk antara laki-laki dan perempuan yang diberi jarak (hal ini dimaksudkan agar tidak ada campur baur dan interaksi yang berlebihan  antara laki-laki dan perempuan) dan beberapa waktu kemarin lembaga kursus meliburkan kelas belajar karena beberapa tutor dan siswa memilih untuk bergabung bersama muslim lainnya dalam aksi membela agama Allah di Jakarta.

Alhamdulillah Allah memilihkan saya tempat yang dipenuhi dengan orang-orang yang luar biasa. Sangat bersyukur bisa dipertemukan dengan kalian. Semoga, semua yang sudah dilakukan bernilai pahala di sisi-Nya. Sampai bertemu kembali, di Surga Allah. Aamiin.

0 comments

It's nice to see you !