SEHAT LEBIH PENTING DARIPADA MURAH


Kampung Inggris Pare ibarat sebuah miniatur Indonesia. Yaah, miniatur Indonesia. Kenapa ? Karena disini berkumpul orang-orang dari seluruh Indonesia mulai dari Sabang sampai  Merauke untuk memperdalam bahasa Inggris. Nah, karena berasal dari daerah yang beragam dan sangat jauh maka hal itu mewajibkan mereka untuk memilih tinggal di kost-kostan atau tinggal nge-Camp. Maklumlah anak rantauan. Anak rantauan biasanya suka mencari sesuatu yang "lebih terjangkau" alias "murah" apalagi mereka yang sangat jauh yang harus mengatur anggaran agar bisa belajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan. Mulai dari tempat tinggal murah hingga makanan yang murah. Must be surviver !.

Namun, banyak yang pada akhirnya hanya berfokus pada hal-hal yang murah saja, memilih untuk mengurangi porsi makan pun ada juga yang memilih murah tanpa memperhatikan kualitas, misalnya makanan. Untuk misi penghematan ada yang akhirnya rutin berpuasa senin dan kamis serta puasa sunnah lainnya 😖. Ada yang rela mengubah jadwal makan dari 3 kali sehari menjadi 1 kali sehari (katanya biar lebih hemat), tapi kenyataannya selalu "gagal fokus" saat belajar dan "mudah mengantuk" 😓. Ada juga yang lebih parah, sarapan paginya adalah **om**g 😃😃.  Bukan hanya itu, banyak orang yang kadang hanya memilih makanan dan jajanan yang murah tanpa selektifitas dalam memilih. Asal jajan di pinggiran jalan hingga akhirnya terserang influenza dan sakit perut.

Nah loh, kalau sudah seperti ini kan repot jadinya. Coba bayangkan ada berapa banyak orang yang akan kita repotkan ? Mulai dari teman-teman kita, keluarga kita yang jauh yang pastinya akan sangat khawatir, tutor, tetangga dan orang-orang terdekat lainnya (meski sebenarnya ada  sebagian dari mereka yang tidak merasa di repotkan. Semua orang akan mengkhawatirkan kita. Hal yang paling penting juga yaitu kita akan "ketinggalan banyak tentang materi belajar" dan "harus membayar biaya pengobatan". Pengeluaran akan semakin lebih besar.

Gimana? Cobalah untuk kembali mempertimbangkan berbagai dampak yang ditimbulkan. Memilih sesuatu yang murah memang perlu, jangan sampai mengabaikan kualitas. Jika memang bisa, carilah sesuatu yang murah dan berkualitas. Gak usah takut kehabisan, jika merasa kurang minta aja ke Allah,kalau kamu yakin pasti Allah kasi. Memang Allah tidak selalu memberikan apa yang kamu minta secara langsung tapi bisa jadi Allah akan membukakan jalan untukmu untuk bisa memenuhi kebutuhanmu.

Ingatlah selalu bahwa kesehatan kita lebih penting dari apapun. Walaupun kita cerdas tapi kalau kita sakit itu sama saja bohong. Tetap jaga pola makan dan jaga kesehatan selama belajar di Kampung Inggris yah !.  Sebenarnya ini berlaku untuk semua orang yah, bukan hanya mereka yang belajar di kampung Inggris. 

Mari belajar untuk menyayangi diri sendiri. Bagaimana orang lain akan menyayangi kita jika kita sendiri tidak menyanyangi diri kita sendiri ? 💓💓💓




0 comments

It's nice to see you !