CERITA LPDP : Jadi, sebenarnya begini...



Pada hari itu, Selasa, 14 Agustus 2019, hanya ada perasaan sangat puas ketika keluar dari ruang wawancara 1 yang kata kebanyakan orang sangat menegangkan itu. Bahkan, tanpa sadar saya jadi spontan senyam-senyum sendiri pasca prosesi wawancara saat itu. Parahnya saya baru menyadari sikap “konyol” itu setelah ditegur oleh teman disamping tempat duduk saya ketika menunggu wawancara selanjutnya, “Hei.. Kenapa senyum-senyum sendiri? Dari tadi setelah keluar dr ruang wawancara saya perhatikan kamu senyum-senyum sendiri”. “Saya ndak kenapa-napa kok, cuma lagi kambuh sedikit ckckck”, jawab saya sembari masih terus tersenyum (mungkin).

Benar, beragam ekspresi orang-orang yang keluar dari ruang wawancara terlihat jelas. Ada yang wajahnya kusut karena merasa tadinya ga bisa jawab semua pertanyaan dengan baik, ada yang  pasang wajah datar dan langsung pulang, ada yang masih baper dan diselimuti air mata, ada yang pasang wajah khawatir dan tetiba tertawa terbahak-bahak, ada yang keluar dengan ekspresi puas dan sangat percaya diri, ada yang berusaha menunjukkan wajah “optimis” sembari memotivasi teman-teman lain yang sedang menunggu giliran dengan tegang, dan ada juga yang senyam-senyum terus, seperti saya. Hihihii..

Terus, kenapa? Karena merasa yakin bahwa jawaban saya sudah perfect? No, jelas bukan. Karena sempat ada satu momen dimana saya berdebat panjang dengan pewawancara tentang hal penting dalam seleksi ini, kuliah “Master by Course” dan “Master by Research”, dan rupanya ketika saya nge-cek jawaban saya ketika di ruangan ternyata ada hal yang saya masih keliru. Nah, kebayangkan, betapa takabburnya kita ketika merasa sudah sempurna sementara kesalahan yang kita perbuat terpampang nyata? 😞. Atau, Adakah tanda-tanda bahwa saya akan lolos? Apalagi ini, ga pernah mikir kesana, saya sempat galau tapi  coba utk tawakal kepada Allah, bahkan ini terus berlanjut, saya sempat galau selama berminggu-minggu 😜 karna pengumuman yang cukup lama sementara ada tawaran pekerjaan yang cukup menggiurkan tapi punya kontrak waktu minimum. Hampir saja sy ngambil job tersebut saking ga yakinnya bakal lolos. Untungnya, ada Ibu yang selalu bilang “Ibu yakin, kamu pasti lolos.. Ndak usah dulu ambil job itu”. Hingga akhirnya, kata-kata Ibu mewujud. Tepat tanggal 16 September 2019, di akun pendaftaran LPDP di kolom status tertera keterangan “LOLOS SELEKSI SUBSTANSI”.


Lantas kenapa? Jadi, sebenarnya begini... Gimana? Apresiasi. Ya, pada saat wawancara, pewawancara ke-3 memberikan apresiasi yang saaangaattt berarti bagi saya. Beliau mengatakan We are surprised about your English. Your English is really good and much much much...... better than others before you even those having higher score, setelah proses wawancara berlangsung selama sekitar 40 menit (saya ndak sengaja lihat timer-nya interviewer) dalam full English. Ya, Cuma itu. Tidak ada hal  lain yang lebih istimewa.Receh kan kan? 😄.

Dalam hati, hanya ungkapan syukur yang ada, tidak ada hal lain yang terlintas. Pun, jikalau saya tidak lolos maka InshaAllah saya tetap puas  dan sudah siap dengan plan berikutnya, pun tidak alpa untuk terus membangun pikiran positif bahwa pasti ada hikmah dibalik semuanya. Kali ini, setidaknya saya mendapatkan apresiasi atas usaha saya selama ini. Dan lagi, Alhamdulillah saya puas. Dalam hati saya berkata, “Alhamdulillah.. Congratulation Na, You got it ! 💘”.

Disclaimer :
Ini bukan sombong, karena saya tahu sangat banyak orang lain yang lebih hebat dari saya. Saya mah hanyalah remah-remah rengginang. Ini, lebih tepatnya adalah sebuah pembuktian bahwa kesungguhan usaha yang dibarengi dengan doa dan tawakal pada-Nya akan berbuah manis. 

"Ketika kita mengupayakan sesuatu atas nama Allah, maka yakinlah bahwa sungguh sangat mudah bagi-Nya untuk membuat segalanya menjadi sebuah realita"
Tabarokallahh...

2 comments

  1. Selamat menambah jejak langkah di bumi Allah ka nana. Selamat belajar untuk menambah syukur dan kedekatan dgn sang pemilik nafas dan skenario hidup. Doa terbaik unk ka nana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ala kulli hal..
      Kudoakan juga keistiqomahanmu 😙..
      Barokallah..

      Delete

It's nice to see you !