Cara Bayar SPP Untad melalui ATM BNI

Tulisan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai tata cara pembayaran SPP melalui ATM BNI. Selama ini kelihatannya masih sedikit mahasiswa yang mengetahui tata cara pembayaran SPP atau UKT melalui ATM. Padahal ATM juga menyediakan layanan untuk pembayaran SPP atau UKT, bukan hanya itu masih banyak lagi layanan lainnya yang bisa diakses.

Pembayaran SPP melalui ATM nampaknya masih sedikit mahasiswa yang melakukannya hal ini terlihat dari kebiasaan  saat akan memasuki tahun ajaran baru. Selalu saja terjadi antrian padat di beberapa bank yang bekerja sama dengan pihak Universitas Tadulako. Faktor ketidaktahuan terhadap tata cara pembayaran lewat ATM adalah salah satu alasan kenapa banyak yang rela untuk ngantri berkepanjangan dan berdesak-desakan untuk pembayaran SPP atau UKT. Selain itu, beberapa mahasiswa juga ada yang sudah tahu. Tapi, sekedar mengetahui saja namun lupa atau tidak paham dengan tata cara pembayarannya.

Salah satu yang antriannya cukup padat adalah BNI KC Untad. Maklum jika terjadi kepadatan disini karena letaknya yang cukup strategis dalam kampus dan mudah dijangkau oleh mahasiswa apalagi yang tidak memiliki kendaraan. Antrian panjang dan berdesak-desakan adalah pemandangan yang sudah tidak asing lagi di dapati. Berdesak-desakan antara laki-laki dan perempuan bukankah hal yang seharusnya kita hindari?. Namun, yang terjadi adalah banyak tidak peduli ketika harus berdesak-desakan demi sebuah nomor antrian terawal. Yah, mahasiswa berebut untuk saling mendapat nomor antrian terawal. Bukan hanya itu, antrian yang menumpuk kadang membuat beberapa mahasiswa bisa mengantri hingga berhari-hari. Mungkin beberapa orang ini bukan masalah, tapi untuk beberapa orang lain ini adalah sebuah masalah yang cukup serius. Bayangkan harus ngantri berhari-hari dan rela untuk meninggalkan beberapa aktivitas lainnya. Butuh kesabaran memang. Jika ada alternatif lain kenapa tidak kita mencobanya ? Apalagi disaat antrian sedang padat-padatnya. 

Cara Bayar SPP UNTAD melalui ATM BNI
Nah, ini adalah beberapa langkah untuk melakukan pembayaran SPP via ATM BNI. 

1. Pastikan bahwa saldo di rekening kita cukup untuk tagihan SPP. Jika belum cukup silahkan melakukan setor tunai di ATM atau setoran di bank (di beberapa Bank transaksi diluar pembayaran SPP dilayani tersendiri dan lebih cepat karena tidak perlu  daftar antri untuk bayar SPP)
2. Masukkan kartu kedalam mesin ATM
3. Pilih layanan bahasa "Indonesia" atau "English"
4. Masukkan PIN dengan benar, jangan sampai salah hingga 3 kali.
5. Pilih "Menu Lainnya"
6. Pilih "Pembayaran"
7. Pilih "Universitas"
8. Pilih "Student Payment Centre (SPC)"
9. Selanjutnya masukkan "Kode Lembaga Pendidikan" (Untuk Universitas Tadulako kodenya adalah 8026, jika lupa kode kampus bisa dilihat pada daftar dengan cara pilih "Kode Lembaga" lebih dulu)  diikuti nomor tagihan SPC (nomor tagihan adalah nomor stambuk mahasiswa, untuk huruf pertama pada nomor stambuk dikonversi menjadi angka misalnya A=1, B=2, C=3, D=4, E=5, F=6, G=7). Contoh nomor tagihan SPC untuk Mahasiswa Universitas Tadulako dengan nomor stambuk G30112008 adalah 8026730112008. Kemudian "Tekan Jika Sudah Benar". Jika transaksi gagal silahkan ulangi dan pastikan nomor sudah sesuai, jika nomor sudah sesuai namun  masih gagal, silahkan melapor ke BAAK karena kemungkinan tagihan pembayaran kamu belum diaktifkan.
10. Informasi Tagihan SPC akan muncul. Pada layar akan muncul informasi nama, stambuk, fakultas dan tagihan UKT. Apabila data sudah benar lanjutkan ke tahap berikutnya.
11. Pilih "Ya Bayar"
12. Pilih "Tabungan"
13. Pembayaran selesai. Jangan lupa simpan struk sebagai bukti pembayaran ! (Struk berperan sebagai pengganti slip pembayaran seperti jika dilakukan di Bank).

Struk Pembayaran SPP FKIP
Struk Pembayaran SPP FEKON
 Semoga tulisan ini bermanfaat. Sesekali bisalah untuk mencoba memilih  membayar SPP melalui ATM apalagi saat antrian lagi panjang dan berdesak-desakan. Selain bisa hemat waktu dan energi kita juga bisa menghindari yang namanya ngantri dan berdesak-desakan diantara laki-laki maupun perempuan.

Selamat mencoba, ga ribet, ga pake antri, bisa juga bayar dimanapun berada ! 😊

3 comments

It's nice to see you !