NIKAH ATAU LANJUT STUDI, PILIH MANA ?


NIKAH ATAU LANJUT STUDI, PILIH MANA ?  Nah, kalau kamu dapat pertanyaan yang seperti ini. Kamu akan jawab apa? Pasti mikir keras dulu 😃. Emang kelihatan gampang jawabnya, tinggal pilih nikah atau lanjut studi. Mungkin saja bagi mereka yang sudah punya perencanaan yang baik akan dengan mudah dan gampang jawabnya. Hihi.

Nah, ditulisan kali ini saya berhasil merangkum menjadi 3 pertanyaan dari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan teman-teman seputar nikah atau lanjut studi ke saya beserta tanggapan saya. Semua tanggapan sesuai dengan pemahaman saya.

"Lulus kuliah sudah. Kapan nikah?" 
Tahu tidak ?! Entah sudah beribu kali saya dapat pertanyaan serupa baik dari teman maupun saudara. Mungkin teman-teman yang lainnya pernah mengalami hal yang sama ? Mungkin ada yang tahu bagaimana rasanya  mendapat petanyaan yang sama secara berulang, sekali dua kali sih bukan masalah tapi yang menjadi masalah itu ketika ditanya berkali-kali apalagi yang bertanya adalah orang yang sama. 

Pasti ada beragam reaksi, ada yang risih, gak suka, galau, baper, panik dan pastinya ada yang santai-santai saja. Nah, reaksi kamu yang mana? Kalau saya termasuk orang yang santai saja ketika mendapat pertanyaan seperti itu sembari menjawab dengan jelas 
"kapan kapan kalau pangerannya sudah datang 😆, saya yakin jodohnya pasti datang di waktu yang tepat , meski waktu yang tepat itu saya pun tak tak tahu kapan !"
"Nikah atau lanjut studi, pilih mana?"
Saya belum tahu yang mana yang bakal mendekat lebih dulu, olehnya keduanya harus sudah dipersiapkan mulai sekarang. Saya percaya, nikah bukanlah penghalang lanjut studi, pun sebaliknya lanjut studi bukanlah penghalang nikah. Selama, sudah membangun kesepakatan diawal. Tapi, tetap saja apapun pilihannya pasti punya resiko yang harus ditanggung. Karena semua pilihan itu pasti punya kekurangan dan kelebihan dan konsekuensinya adalah terus berbenah dan meningkatkan hal-hal positif yang dapat dicapai atas pilihan kita. Bagaimana? Apakah sudah siap dengan setiap resiko?

"Emang gak repot nikah saat lanjut studi ?"
Nah semua pilihan punya resiko. Salah satunya resikonya adalah harus siap repot, jika repot itu memang diperlukan 😊, karena emang gak ada yang instan. Selamat mempersiapkan diri, terus tingkatkan kapasitas diri, jangan sibuk persiapan lanjut universitas favori kamu saja, tapi persiapkan juga ilmu untuk universitas kehidupan yang salah satu fakultasnya adalah nikah 😏.

Nah itulah 3 pertanyaan yang paling sering saya dapatkan. Eeeehhhh.... Tapi ingat, tulisan ini tidak bermaksud apapun. Ga ada maksud apapun yah, apalagi kalau ada yang bilang tulisan ini adalah kode 😀.

Sejatinya perempuan (muslimah) tidak perlu ragu dan khawatir, dengan pilihan-pilihan apakah nikah  atau lanjut studi. Ingat, menuntut ilmu itu wajib! meski tidak harus dilakukan dalam lingkungan formal. Nikah juga penting. Salah satunya sebagai bentuk upaya untuk mencetak generasi pembela islam di masa mendatang. Perempuan yang cerdas dan pandai akan lebih banyak membawa manfaat, tidak hanya bagi keluarganya namun juga bagi umat (sekitarnya).

Tulisan ini ditulis untuk sekedar sharing dengan harapan semoga ada yang bisa mengambil pelajaran. Jadi, jika mendapat pertanyaan NIKAH ATAU LANJUT STUDI, PILIH MANA ? Silahkan dijawab sesuai dengan pertimbangan yang matang. Nikah atau lanjut studi, keduanya bisa dilakukan sejalan beriringan pun bukan masalah jika diselesaikan satu persatu. Setiap pilihan tidak ada yang salah atau paling benar karena setiap orang memiliki prinsip dan tentunya banyak pertimbangan lainnya. Tugas kita bukan untuk saling menyalahkan prinsip tapi saling menghargai prinsip. Karna setiap orang memiliki landasan dan dalil atas prinsip yang dipegangnya.

Selamat menentukan pilihan !

Pare - Kediri , Jum'at, 25 Agustus 2017 ( Pukul 18.36 p.m. WIB)

4 comments

  1. Ditunggu tulisan selanjutnya 😇😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. �� yang terpenting ada yang baca Yun..
      Hehe

      Delete
  2. Setujuu deh sama kamu! Lets be #studentmom or #postgradmom or #phdmom :D

    ReplyDelete

It's nice to see you !