Motivation Letter - ICN 2015

Saya adalah seorang pemuda yang memiliki “Semangat Mengambil Peran” yang tinggi yang tidak hanya suka mengeluh tentang kegelapan tetapi akan berusaha mencari penerangan ditengah kegelapan tersebut, saya adalah seorang aktivis sosial yang terlibat aktif di lembaga maupun komunitas-komunitas sosial seperti sahabat pulau, Rumah Iqra dan Koalisi Pemuda Hijau Sulawesi Tengah, saya yang memiliki kepedulian terhadap limgkungan, kepada saudara sebangsa dan setanah air, saya tidak ingin hidup biasa-biasa saja saya menyadari bahwa hidup harus berkarya dan berprestasi dan saya sudah memulai itu, saya pernah dinobatkan sebagai duta pariwisata Wakatobi Periode 2014 oleh Bupati Wakatobi, saya pernah mengikuti training kepemudaan Indonesia Youth Forum 2014 yang diadakan oleh ISYF dan KEMENPORA dan bertemu visi, bertemu gagasan bersama pemuda Indonesia yang melahirkan namanya spirit, saya juga mengenal dekat hal-hal yang menjadi kekhasan provinsi Sulawei Tengah. Namun, tentunya masih banyak hal-hal yang harus saya pelajari untuk lebih memantapkan potensi yang saya miliki. Dalam ICN tentunya akan berkumpul pemuda-pemuda terbaik masing-masing provinsi yang diwakilinya dan ini menjadi peluang yang baik untuk bersinergi dengan mereka dan sharing mengenai proyek social. Oleh karena itulah, saya sangat berharap bisa terpilih sebagai peserta yang mewakili provinsi Sulawesi Tengah di ajang ICN 2015.   

Jika saya terpilih maka saya akan memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Saya akan membangun jaringan antar sesama pemuda Indonesia dan bersinergi dengan mereka serta menemukan tambahan  ide-ide kreatif dan inovatif yang dapat saya terapkan di daerah saya, saya juga berharap ICN Conference dapat menginspirasi kehidupan saya, membangkitkan dan menjaga semangat saya untuk terus berkarya dan merealisasikan proyek sosial yang saya gagas sehingga mampu berkontribusi dalam pengentasan masalah pendidikan di Indonesia. Saya juga berharap nantinya akan banyak pihak yang mencoba melirik permasalahan-permasalahan yang berada di daerah pesisir yang notabene Indonesia kaya akan potensi laut tetapi masyarakat pesisir justru hidup dibawah garis kemiskinan. Selain itu, saya berharap agar diberi kesempatan untuk memperkenalkan kebudayaan di daerah yang saya wakili. Terakhir, semoga jika saya terpilih, hal ini akan memperkaya pengalaman dan pengetahuan saya sehingga bisa lebih baik dari sekarang.

Ada beberapa langkah yang akan saya lakukan untuk membagi pengetahuan saya kepada orang lain. Pertama, menerapkan prinsip dan pengetahuan yang saya dapatkan pada sebuah proyek social yang akan saya rintis. Sehingga, setelah terlaksana dan berhasil akan saya sosialisasikan kepada masyarakat luas bahwa seperti inilah seharusnya. Sehingga mereka akan menyadari dan melakukan perubahan yang sesuai. Kedua, menerapkan pada diri sendiri. Jadi, agar ketika orang lain menanyakan kepada kita mengapa kita berbuat seperti itu, maka kita boleh menyampaikan, intinya kita memberi contoh dan hasil terlebih dahulu kepada lingkungan sekitar kita. Ketiga, menyampaikan lewat cerita. Jadi, saya akan membagikan pengetahuan dan pengalaman yang saya dapatkan melalui kisah saat berinteraksi dengan orang-orag di lingkungan sekitar kita

0 comments

It's nice to see you !