ORANG-ORANG TERDEKAT : Sajak Kaki Si Nona


Menjadi orang yang terdekat dan siap mendengarkan ceritamu adalah hal yang selalu buatku senang, karna dengan dirimu semuanya aku awali. 


Kisah manisku ini bermula saat kita duduk di bangku SMA kelas 2, masih jelas dalam ingatan, aku, kamu dan rahma sarita selalu pulang bersama dengan menaiki sebuah becak, maklum awalnya karena rumah kita searah (oh iya nama abang becak nya itu si chen, orang humoris dan energik menurut kacamata saya). saya ingat sekali kamu itu dulu orangnya pendiam dan gak banyak bicara kecuali aku yang bertanya dan sepengetahuanku, kamu aktif di kegiatan PMR sekolah saja. sementara aku aktif di OSIS sekolah. Kita semakin akrab ketika bertemu dalam sebuah liqo' tarbiyah, kita selalu bersama hingga masuk bangku perkuliahan. saya  akhirnya masuk jurusan kesehatan masyarakat semntara kamu jurusan MIPA kimia.



Hari-hari kita selalu disibukkan dengan agenda kampus, maklum sebagai seorang mahasiswa yang berasal dari tanah rantau, kita sudah menggenggam komitmen untuk membanggakan kampung halaman kita sendiri yaitu Tolitoli. Aktivitas inilah yang terkadang buat aku dan kamu jarang bertemu secara raga, tapi aku dan kamu selalu yakin kita bertemu dalam doa yang selalu kita panjatkan pada ALLAH swt. Oh iya meskipun kami jarang bertemu tapi kami pasti tahu cerita masing-masing. yang aneh, kita paling gengsi memeluk dan bilang sayang satu sama lain, tapi dengan kemampuan yang saya miliki (alias gaya alay) saya selalu ejek dan cari perkara, hingga moodmu jadi berantakan dan berakhir pada perdebatan yang tidak jelas, ujung-ujung kita diam. Moodmu itu kadang yang buat semua orang jengkel, hahahaha. se- istimewa itu dirimu nona. 

kalau moodmu Rusak, aku lah yang paling bertanggung jawab untuk mengembalikan semuanya, aku mulai menaikkan derajat kealayan satu tingkat, hingga dirimu selalu menyebutkan "MISS Alay" hahaha (Merasa bangga tapi aib le..), oh iya  pantai menjadi sasaran kita,  dange dan deru ombak menjadi teman setia kita. kita masih saja seperti dulu.



setiap cerita yang kita ukir selalunya bermakna, selalu ada mimpi yang kita ceritakan, mimpi ke jepang ialah salah satu mimpi terbesarmu. sementara aku masih mendambakan salah satu PurnamaMU. semoga mimpi kita tercapai dan kali ini kamu berhasil menemukan Purnamu lagi yaitu menjadi salah satu speaker di Tadulako menginspirasi 2016 dan aku adalah bagian dari pengisi acaranya sebagai pembaca puisi.  Perlu kamu ketahui "SAJAK KAKI" yang aku bacakan dihari itu, sengaja aku buat untukmu, untukmu yang selalu menyemangati dan paling tahu mimpiku.



ini sajak untukmu sob, namanya sajak kaki, terinspirasi dari perjalanan kita..

sebab mimpi diawali dari langkah Kaki

Simponi Karya Indonesia

kaki-kaki di pijakan kaki
menata cerita elok nyata
bidikkan matamu wahai anak manuasia
senyum simpul perangai mudah

Matahari selalu saja tersenyum dengan indah
Rembulan pun selalu menangisi diri kita
itulah tatapan tajam dunia dari sudut mata mahasiswa
nestapa yang tak pernah abadi
Kesenangan yang kukail dalam-dalam.

Kaki-kaki dipijakan kaki
Sepatu usang temani setiap hari
keringatku seperti farfum mahal yang bebas dijual di pasar
keluhku seperti syair indah tanpa irama
gagalku seperti permainan muka, cukup aku perannya
Senyumku seperti bayangan ku damba
dan mimpi seperti cerminnya.

Kaki-kaki dipijakan kaki
berlahi kencang saja
aku tetap memainkan waktu dengan jam dinding yang berdetak pelan
aku masih saja seperti dulu.
Semangat yang tergenggam, tak lepas biar ku paksa
semangat yang tergenggam tak lepas, hingga pada masa

Kaki-kaki di pijakan kaki
riuh dengan ejekan dan tawa orang asing
menerka dikata, tak pun dihati
lucu dan penuh ironi.
kepada Tuhan ku membagi
aku masih seperti dulu

 kaki-kaki dipijakan kaki
sepatu usang temani setiap mimpi
langkah karya, melangkah cipta dengan ribuan tanda tanya mereka
sebab aku sang tadulako muda
dalam symponi indonesia

kelak kugenggam dunia
pada kaki-kaki di pijakan kaki


"Langkah kakiku tak pasti, tapi dengan melangkah aku tahu yang pasti"


Repost dari Si Purnama (http://hidayahnunu.blogspot.co.id/2016/12/sajak-kaki-si-nona.html) - Baca juga http://rukmanasuharta.blogspot.co.id/2017/05/orang-orang-terdekat-purnama.html

0 comments

It's nice to see you !